EVER LASTING FRIENDS

Thursday, November 17, 2011

Pencegahan penyakit lupus


Pencegahan penyakit lupus
Penyakit lupus merupakan penyakit dimana keadaan seseorang alergi dengan dirinya sendiri. Gejalanya sendiri terdapat ruam atau bercak kemerahan di bagian kulit. Walaupun penyakit ini
awalnya tidak seperti berbahaya, ternyata penyakit ini dapat menyebabkan kematian pada si penderitanya. Lupus sendiri dalam bahasa latin di artikan anjing hutan atau srigala. Penyakit ini akan menyebar ke seluruh bagian tubuh tak terkecuali wajah. Dari penjelasan di atas, penyakit lupus termasuk penyakit yang menyerang sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Hal tersebut karena jaringan dalam tubuh sendiri dianggap benda asing sehingga kekebalan tubuh tersebut menyerang jaringan-jaringan dalam tubuh yang dianggap asing, istilahnya alergi. Anda bisa membayangkan bagimana keadaan seseorang yang terkena alergi, seperti alergi terhadap telur, see food, atau yang lainnya.
Penyakit ini juga termasuk penyakit genetik yang dimana penyakit ini dapat diturunkan pada anaknya. Selain itu penykit ini juga sering menyerang wanita, hal ini di perkirakan akibat pemakaian pil KB dan pada usia produktif sampai usia 50 tahun sekalipun. Namun pada pria sendiri juga dapat mengalaminya, akan tetapi lebih besr wanita dari pada pria. Diperkirakan penyakit ini juga berhubungan dengan hormon estrogen (hormon yang terdapat pada perempuan).
Dalam penjlasan di atas kita bisa menyimpulkan bahwa penyakit ini termasuk kelainan dalam tubuh yang di sebut autoimunitas. Namun anehnya penyakit ini dimana kekebalan tubuh malah menyerang jaringan tubuh yang sehat. Hal ini dikaitkan dengan sistem imunologi yang ada dalam tubuh berlebihan. Nah dari sistem imunitas yang berlebihan tersebut sehingga seharusnya menjaga tubuh dari penyakit namun sebaliknya yaitu menyerang jaringan tubuh yang sehat.
Gejala
  • Jika kulit terkena sinar matahari akan mudah terbakar dan sistem pencernaan terganggu.
  • Mudah lelah, kecapekan, pegal-pegal dan deman, nmun gejala ini biasnya timbul pada masa aktif.
  • Pada kulit sendiri akan muncul kemerah-merahan seperti ruam yang membentang di kedua pipi. Namun ruam tersebut juga dapat di temui di bagian kulit yang lain dan biasanya akan muncul pada masa aktif.
  • Karena sel-sel darah merah di hancurkan oleh penyakit ini sehingga berakibat anemia (kekurangan sel darah merah)
  • Pada rambut sendiri akan mudah rontok
Pencegahan
Karena penyakit ini menyerang bagian kulit sebaiknya hindari terpaan sinar matahari secara langung dan berkebihan. Selain itu anda juga harus berganti pola hidup anda dengan pola hidup sehat seperti olah raga yang teratur mengganti menu makanan anda dengan di banyaki sayuran dan buah-buahan. Dalam makanan sendiri anda juga harus memperhatikan kandungannya, untuk lebih baiknya sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin D dan protein. Selain itu waspadai juga penyakit yang menyerang bagian penceranaan, namun karena penyakit ini termasuk penyakit genetik sehingga ada juga yang di sebabkan oleh keturunan.

No comments:

Post a Comment